SEJARAH SINGKAT FOTOGRAFI

 Sejarah Fotografi

Pada pembahasan prolog tentang fotografi ini akan di jelaskan sekilastentang sejarah perkembangan fotogrfai. Dalam sejarah perkembangan fotografikali ini di jelaskan sejarahperkembangan fotografi dunia dan sejarah perkembangan fotografi di Indonesia.
  1. Sejarah Fotografi Dunia
Pada hakikatnya, fotografi merupakan teknikuntuk menghasilkan gambaryang tahan lamamelalui suatu reaksi kimia yang terjadi, ketikacahaya menyentuh
permukaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sejarah fotografi saat iniberhutang banyak pada beberapa nama yang memberikankontribusi yang sangat berarti bagi perkembangan fotografi sampai era digital sekarang

  • Era 1000 M
Pada dekade1 abad yang silam, seorangyang bernama Al-Hazen atau Ibnul Haitam, mahasiswa berkebangsaan Arab yang menulis bahwa citra dapatdibentuk dari cahayayang melewati sebuahlubang kecil, yang sekarangdikenal sebagai kamera.

  • Era 1400 M
400 tahun kemudian, pada tahun 1400 M seoarangpelukis ternama bernama Leonardo da Vinci jugamenulis mengenai fenomena yang sama. Namun,Pada tahun 1558, 2) Era 1400M
400 tahun kemudian, pada tahun 1400 M seoarangpelukis ternama bernama
Leonardo da Vinci jugamenulis mengenai fenomena yang sama. Namun,Pada tahun 1558, seorangilmuwan Italia, Giambattista Della Porta menyebut ”camera obscura” pada sebuah kotakyang membantuseorangilmuwan Italia, Giambattista Della Porta menyebut ”camera obscura” pada sebuah kotak yang membantu pelukis menangkap bayangan gambar.
Nama kamera obscura diciptakan oleh Johannes Kepler pada tahun 1611. Johannes Kepler membuat desain kamera portable yang dibuat seperti sebuah tenda, dan memberi nama alat tersebut kamera obscura. Didalam tenda sangatgelap kecuali sedikitcahaya yang ditangkap oleh lensa, yang membentuk gambar keadaan di luar tendadi atas selembar kertas.

  • Awal abad 17
Selanjutnya seoarangIlmuwan Italia bernamaAngelo Sala menemukan bahwa bila serbuk peraknitrat dikenai cahaya,warnanya akan berubah menjadi hitam. Bahkan saatitu, dengan komponen kimia tersebut ia telah berhasil merekam gambar-gambar yang tak bertahan lama. Hanya saja
masalah yang dihadapinya adalahmenyelesaikan proses kimiaseteah gambar-gambar itu terekam sehingga permanen.
  • Era tahun1727
Pada 1727,Johan Heinrich Schuize, profesor farmasi dariUniversitas di Jermanjuga menemukan hal yang sama pada percobaan yang tak berhubungan denganfotografi. Ia memastikan bahwa komponen perak nitrat menjadi hitam karenacahaya dan bukan oleh panas.
  • Era tahun1800
Pada tahun 1800, Thomas Wedgwood, seorang berkebangsaan Inggris, bereksperimen untuk merekam gambar positifdari citra yangtelah melalui lensapada kamera obscuraberlensa yang sekarang ini disebut kamera,tapi hasilnya sangat mengecewakan. Akhirnyaia berkonsentrasi sebagaimana juga Schuize membuatgambar-gambar negative pada kulit atau kertas putih yang telah disaputi komponenperak dan menggunakan cahaya matahari sebagai penyinaran.
Pada tahun 1824, setelahmelalui berbagai prosespenyempurnaan oleh berbagainegara, akhirnya Joseph Nieephore Niepee (1765-1833), seoranglithograph berhasil membuatgambar permanen pertamayang disebut “FOTO”.

Pembuatannya dengan tidak menggunakan kamera, melalui proses yang disebutnya Heliography atau proses kerjanya mirip lithograph dengan menggunakan sejenisaspal yang disebutnya Bitumen of Judea sebagai bahan kimia dasarnya. Pada Agustus 1827, setelah saling menyurati beberapa waktu sebelumnya, Niepee berjumpa denganLouis Daguerre, pria Perancis dengan beragam keterampilan tapi dikenal sebagai pelukis. Mereka merencanakan kerjasama untuk menghasilkan foto melalui penggunaan kamera.Tahun 1829, Niepee secara resmi bekerja sama dengan Daguerre tetapi Niepee meninggal dunia padatahun 1833. Pada tangga l7 Januari1839, dengan bantuan seorang ilmuwan untuk memaparkan secara ilmiah. Dagurre mengumumkan hasil Penelitiannya selama ini kepada Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis. Hasil kerjanya yang berupa foto-foto yang permanen itu disebut Daguerretype yang tak dapat diperbanyak atau reprint ataurepro. Saat itu Daguerre telah memiliki foto studio komersil dan Daguereetype tertua yang masih ada.
kini diciptakannya tahun 1837 Tanggal 25 Januari 1839, William Henry Fox Talbot,seorang ilmuwan Inggris memaparkan hasil penemuannya berupa proses fotografi modern kepada Institut Kerajaan Inggris. Berbeda dengan Daguerre, ia menemukan sistem negative-positif (bahan dasar: perak nitrat, diatas kertas). Walaupun telah menggunakan kamera,sistem itu masih sederhana sepertiapa yang sekarang kita istilahkan: Contact Print (printyang dibuat tanpa pembesaran atau pengecilan).
Juni 1840, Talbot memperkenalkan Calotype perbaikan dari
sistem sebelumnnya juga menghasilkan negative diatas kertas.Dan pada Oktober1847, Abel Niepeede St Victor keponakan Niepeememperkenalkan penggunaan kaca sebagai base negative menggantikan kertas. Pada januari 1850, seorang ahlikimia Inggris RobertBingham memperkenalkan penggunaan Collodion sebagai emulsifoto yang saat itu cukup populardengan sebutan WET_PLATE Fotografi.
Setelah berbagai perkembangan dan penyempurnaan, penggunaan rol film mulaidikenal. Juni 1888, George Eastman seorang berkebangsaan Amerika menciptakan revolusi fotografi dunia hasil penelitiannya di tahun 1877. Ia menjualproduk baru dengan merk KODAK berupa sebuahkamera box kecil dan ringan yang telahberisi rol film(dengan bahan kimia perak bromide) untuk 100 exposure. Bila seluruh film diguakan,kamera ini yang diisi film dikirim ke perusahaan Eastmanuntuk diproses. Setelahitu kamera dikirimkan kembali dan telah berisi rol film yang baru. Berbeda dengan kamera masa itu yang besar dan kurang praktis,produk baru tersebut memungkinkan siapa saja dapat memotret dengan leluasa. Hingga kini perkembangan fotografi terus mengalami perkembangan dan berevolusi menjadi film-film digital yang mutakhir tanpa menggunakan rol film.
Selanjutnya secarabertahap, fotografi berkembang ke arah penyempurnaan teknik dan kualitasgambarnya sampaipada akhir abad ke-19 fotografi telah mencapai kualitas hasil yang mendekati seperti yang dikenal sekarang.

0 Komentar